PELEPASAN ENUMERATOR RISET KESEHATAN DASAR (RISKESDAS) TAHUN 2018 DI DINAS KESEHATAN KABUPATEN TANAH BUMBU

PELEPASAN ENUMERATOR RISET KESEHATAN DASAR (RISKESDAS)WARTA DINKES (28/03). – Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) adalah salah satu riset skala nasional yang berbasis komunitas dan telah dilaksanakan secara berkala oleh Badan Litbangkes Kemenkes RI, yaitu di tahun 2007, 2010 dan 2013. Hasil Riskesdas telah banyak dimanfaatkan baik itu untuk tujuan perencanaan, maupun pemantauan dan evaluasi program pembangunan kesehatan baik di tingkat nasional, provinsi maupun kabupaten/kota.

Mengawali sambutannya saat pelepasan Tim Kesehatan Rekruitmen Enumerator Riset Kesahatan Dasar  2018 tersebut, Kepala Dinas  Kesehatan  Kabupaten Tanah Bumbu, Dr. H.M.Damrah.,S.Sos.,MM.  mengingatkan bahwa banyaknya informasi yang akan dihasilkan dari Riskesdas 2018, maka menjelang pelaksanaannya, perlu persiapan yang sangat matang.

”Mengumpulkan data bukan pekerjaan yang mudah. Rikesdas yg diintegrasikan dengan Susenas ini luar biasa penting, karena bisa melihat adanya masalah disparitas (kesenjangan)”, ujar Kadinkes

Menurut Kadinkes , keberadaan disparitas  perlu dipelajari lebih lanjut, sehingga dapat dilihat kembali intervensi apa yang bisa dilakukan secara khusus, mungkin tidak dapat disamakan dengan daerah lainnya.

”Kita kaji daya ungkit apa yang kita (punya) dan perlu lakukan agar kita bisa lebih cepat menyelesaikan masalah-masalah kesehatan”.

Pada kesempatan tersebut, Kadinkes menegaskan bahwa pelaksanaan Riskesdas 2018 merupakan momentum yang tepat untuk memotret kondisi pembangunan kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu.

Kadinkes  juga berpesan bahwa peran dari Kepala Puskesmas, Kepala Desa, RT, RW sangat penting dan menentukan keberhasilan Riskesdas 2018.

Tujuan dilaksanakannya Riskesdas 2018, antara lain: a) Menilai status kesehatan masyarakat dan determinan yang mempengaruhinya; b) Menilai perubahan indikator status kesehatan masyarakat dan determinan yang mempengaruhinya; serta c) Menilai perubahan Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM) hasil pembangunan kesehatan di Kabupaten/Kota.

Setelah sambutanya tersebut kadinkes melakukan foto bersama sebelum Tim Kesehatan Rekruitmen Enumerator Riset Kesahatan Dasar  ke 60 desa di Kabupaten Tanah Bumbu. (AK)PELEPASAN ENUMERATOR RISET KESEHATAN DASAR (RISKESDAS) 2

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *