EVALUASI PERSIAPAN AKREDITASI PUSKESMAS TAHUN 2018

IMG_2744WARTA DINKESE (23/04). – Pemberian pelayanan publik yang berkualitas dan mampu memberikan kepuasan bagi masyarakat merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh Pemerintah Daerah. Hal ini sangat disadari betul oleh Mardani H. Maming selaku Bupati Tanah Bumbu. Tercermin dari usaha-usaha peningkatan kualitas pelayanan sektor publik, baik bidang pelayanan urusan pemerintahan, pendidikan dan kesehatan.

Dalam bidang pelayanan kesehatan sendiri, setelah unggul dengan program Jamkesda yang sangat memudahkan akses kepada masyarakat untuk mendapatkan pengobatan secara gratis, langkah berikutnya yang disasar adalah peningkatan kualitas layanan kesehatan itu sendiri.

Puskesmas sebagai ujung tombak dan sekaligus sebagai tolok ukur pelayanan publik di bidang kesehatan, merupakan salah satu pilar dalam memenuhi tuntutan Tridharma Pembangunan yang diusung Pemerintah Daerah dalam bidang kesehatan. Salah satu syarat yang harus dimiliki oleh Puskemas agar dapat meningkatkan standar pelayanan adalah mampu meraih predikat akreditasi yang ditetapkan Kementrian Kesehatan melalui Komite Akreditasi.

Saat ini target Dinas Kesehatan adalah meluluskan penilaian Akreditasi Puskesmas yang akan 4 (empat) Puskesmas yang ada di Tanah Bumbu yaitu Puskesmas Karang Bintang, Puskesmas Darul Azhar, Puskesmas Sebamban I dan Puskesmas Teluk Kepayang. Penilaian sendiri, sebagaimana dikatakan oleh Zainal Husni, SKM.MM (Kabid Pelayanan Kesehatan) Dinas Kesehatan Tanah Bumbu, bahwa jadwal survey dan penilaian kelayakan akreditasi oleh Komite Akreditasi Kementrian Kesehatan Pusat.

Mengantisipasi hal tersebut, hari ini Senin (23/04) Kepala Dinas Kesehatan Tanah Bumbu mengundang keempat Kepala Puskesmas yang akan dipersiapkan beserta tim Kelompok Kerja akreditasinya.

Pertemuan ini sendiri dilaksanakan untuk melakukan evaluasi terhadap keempat Puskesmas tentang sejauh mana mempersiapkan seluruh elemen dan indikator yang menjadi penilaian akreditasi.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu Dr. H. M.Damrah, S.Sos,.M.Si  menyampaikan bahwa kunci dari keadaan yang singkat dalam mempersiapkan akreditasi kali ini adalah KEMAUAN. Menurut beliau, dengan adanya kemauan yang kuat, maka tidak ada halangan bagi kita untuk mewujudkan akreditasi secara bersama-sama dan bersinergi antara Dinas Kesehatan sebagai Pembina dan fasilitator dan Puskesmas sebagai obyek yang akan dinilai. Selain itu lanjut beliau lagi bahwa proses akreditasi yang sedang bergulir saat ini adalah keniscayaan untuk mengantisipasi perubahan yang sangat cepat. Jika hari ini kita tidak berubah menuju lebih baik, maka orang lain yang akan unggul mendahului kita. Diingatkan pula oleh beliau bahwa mulai tahun 2019, status akreditasi Puskesmas akan menjadi persyaratan provider JKN (recredentialing fasilitas primer).

Acara dilanjutkan dengan pemaparan keempat Puskesmas tentang progress persiapan penilaian akreditasi, baik kesiapan dokumen, fasilitas dan peralatan, tenaga kerja serta unsur-unsur penunjang lainnya yang diperlukan pada saat penilaian akreditasi. AKIMG_2750

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *