EVALUASI DALAM HAL PENDAMPINGAN ANALISIS DATA PIS- PK

PIS PK KADISWARTA DINKES (11/07). – Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu melakukan kegiatan pendampingan analisis data  PIS-PK yang di buka langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu Dr. H. Damrah, S.Sos., M.Si. dan kegiatan ini di hadiri oleh tim riset PIS-PK Balitbangkes RI, Tim Balitbangkes Kabupaten Tanah Bumbu, dan surveyor Puseksmas se  Kabupaten Tanah Bumbu.

Dalam sambutan kadinkes menyampaiakan ini merupakan tindak lanjut pembinaan Puskesmas dalam rangka pelaksanaan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) dan Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan. Terdapat 12 indikator yang menjadi pokok penilaian dalam monitoring ini, sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 39 tahun 2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan PIS-PK.

Monitoring dan evaluasi ini harus selalu dilakukan agar segala hambatan sekecil apapun dapat diperbaiki sehingga nantinya peningkatan kualitas implementasi dapat ditingkatkan. Program PIS-PK bukan merupakan program baru yang ada di Kementerian Kesehatan, program ini sebelumnya telah berjalan dengan implementasi yang berbeda, serta tingkat penekanan yang berbeda. Data-data yang sebelumnya tersebar di berbagai sektor, dapat di ketahui bersama-sama melalui PIS-PK tutur kadinkes.

Kadinkes manambahkan Mau tidak mau kita harus punya data, mapping harus kita lakukan. Bagaimana kita membangun mindset bahwa ini bukan lagi program baru, melainkan bagaimana kita mendekatkan program yang terpecah-pecah. Mari bersama-sama melihat secara utuhIMG_3147

Kegiatan ini dilaksanakan agar Pelaksanaan PIS-PK ditekankan pada integrasi pendekatan akses pelayanan kesehatan, ketersediaan tenaga kesehatan, pembiayaan serta sarana dan prasarana termasuk upaya program kesehatan masyarakat dan perseorangan yang mencakup seluruh keluarga dalam wilayah kerja Puskesmas dengan meperhatikan manajemen Puskesmas.

Adapun pemangku kepentingan pelaksanaan PIS-PK antara lain Puskesmas, Dinas Kesehatan Kabupaten dan Dinas Kesehatan Provinsi. Peran Puskesmas dalam pelaksanaan PIS-PK dilakukan melalui kegiatan melakukan pendataan kesehatan keluarga yang termasuk ke dalam Program Kesehatan Keluarga (Prokesga) oleh Puskesmas; Membuat dan mengelola pangkalan data Puskesmas oleh tenaga pengelola data Puskesmas; Mendapatkan dan menganalisis IKS tingkat kecamatan; Merumuskan intervensi masalah kesehatan dan menyusun rencana Puskesmas bersama dengan masyarakat; Melaksanakan pembinaan keluarga melalui kunjungan rumah oleh pembina keluarga; Melaksanakan pelayanan profesional (dalam gedung dan luar gedung) oleh tenaga kesehatan; serta Melaksanakan sistem informasi dan pelaporan puskesmas oleh tenaga pengelola data Puskesmas.

Dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa hambatan seperti kesulitan menginput data karena lemahnya jaringan, hal tersebut dapat diatasi dengan layanan input data offline melalui aplikasi android Keluarga Sehat Pusd