PEMBERIAN OBAT KAKI GAJAH SECARA MASSAL KE SELURUH SKPD SE TANBU

IMG_5737WARTA DINKES (15/10). – Untuk mencegah menyebarluasnya penyakit kaki gajah (filariasis), Dinas Kesehatan Kabupaetn Tanah Bumbu (Dinkes) memberikan pengobatan secara massal.

“Seluruh ASN di lingkup Kabupaten Tanah Bumbu akan kami beri obat berupa pil setiap satu tahun,” kata Dr. H. M. Damrah, S. Sos.,M. Si, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu.

Kadinkes menjelaskan, agar pemberian obat penyakit kaki gajah ini tepat sasaran, sangat penting untuk menggencarkan sosialisasinya kepada ASN.

Dia mengingatkan, filariasis ini merupakan penyakit infeksi yang bersifat menahun. Penyebabnya cacing filarial yang ditularkan oleh nyamuk. “Penyakit kaki gajah ini dapat menimbulkan cacat menetap, berupa pembesaran kaki, lengan dan bagian tubuh lainya. Selain itu, penyakit kaki gajah juga menyerang tanpa memandang usia maupun jenis kelamin,” papar Kadinkes

Sementara itu, Bupati Tanah Bumbu H. Sudiannor mangatakan, pemerintah mesti bertanggung jawab terhadap penyakit menular dalam bentuk apapun yang diderita masyarakat, termasuk penyakit kaki gajah. “Untuk itu SKPD terkait harus mendukung program yang dilakukan Dinkes ini,” pintanyaIMG_5733

Bupati berharap, Dinkes bisa menekan hingga menghilangkan angka kasus kaki gajah di Kabupaten Tanah Bumbu . Caranya, Dinkes bisa melakukan Bulan Eliminasi Kaki Gajah (Belkaga).

Upaya tersebut, tambah dia, untuk menuju pembangunan manusia di Indonesia yang lebih baik. “Sehingga lima tahun ke depan semua, bisa terbebas dari penyakit kaki gajah tersebut,”

Upaya pengendalian kaki gajah, menurut Bupati, tidak bisa dilakukan sendiri oleh pemerintah daerah. Namun perlu dukungan dari berbagai pihak. “Perlu dukungan seluruh pimpinan di jajaran Pemerintah Pusat dan Daerah dari tingkat Gubernur, Bupati hingga Camat dan Kades. Dukungan yang diharapkan di antaranya berupa komitmen dalam mewujudkan Indonesia Bebas Kaki Gajah 2020,” tutupnyaIMG_5740

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *